Perencanaan Pemberdayaan Perempuan untuk Ekowisata Desa Kiarajangkung Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat

Intan, Dafina (2022) Perencanaan Pemberdayaan Perempuan untuk Ekowisata Desa Kiarajangkung Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3B919147-01-Dafina-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3B919147-02-Dafina-Ringkasan.pdf

Download (828kB)
[img] Text (Abstrak)
J3B919147-03-Dafina-Abstrak.pdf

Download (829kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3B919147-04-Dafina-DaftarIsi.pdf

Download (807kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3B919147-05-Dafina-Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

Pemberdayaan perempuan merupakan upaya untuk mengasah kemampuan perempuan untuk memperoleh akses dan kontrol terhadap sumber daya, ekonomi, politik, sosial, budaya. Tujuan kegiatan yaitu: (1) mengidentifikasi sumberdaya perempuan, (2) mengidentifikasi produk makanan unggulan, (3) mengetahui karakteristik, presepsi, preferensi dan kesiapan masyarakat, dan (4) merancang program pemberdayaan perempuan. Kegiatan dilaksanakan pada bulan 03 April – 18 Mei 2022. Metode yang digunakan, yaitu observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner (150 orang). Jenis data yang diambil pada sumberdaya perempuan di Desa Kiarajangkung pemberdayaan perempuan, jumlah perempuan desa, mata pencaharian, peran perempuan dan produk makanan unggulan. Analisa data yang digunakan meliputi deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Karakteristik program pemberdayaan dilakukan kepada 30 orang perempuan yang berasal dari setiap
kampung. Presepsi masyarakat terhadap perencanaan program pemberdayaan dan dampak yang akan ditimbulkan berdasarkan konsep ekowisata yaitu dampak, ekologi, ekonomi dan sosial budaya. Preferensi menggunakan skala likert 1-7 yang telah dimodifikasi. Output yang dihasilkan berupa program pemberdayaan perempuan dengan praktik membuat produk makanan unggulan, pelatihan pengemasan produk, penyuluhan pelayanan konsumen dan pelatihan promosi produk. Program pemberdayaan direncanakan harus membuat peningkatan kemampuan perempuan Desa Kiarajangkung sehingga dapat dilakukan pagelaran kuliner untuk menjadi daya tarik wisatawan sebagai konsumen.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Perempuan, Produk Unggulan, Program Pemberdayaan, Desa Kiarajangkung
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Ecotourism
Depositing User: Ekowisata SV IPB
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:14
Last Modified: 10 Aug 2022 02:14
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/10539

Actions (login required)

View Item View Item