PERANCANGAN HANDSANITIZER OTOMATIS DAN PENDETEKSI SUHU TUBUH DENGAN MENGGUNAKAN ESP32 CAM BERBASIS IOT DI DISKOMINFO KOTA BOGOR

Isnaeni, Barkah (2022) PERANCANGAN HANDSANITIZER OTOMATIS DAN PENDETEKSI SUHU TUBUH DENGAN MENGGUNAKAN ESP32 CAM BERBASIS IOT DI DISKOMINFO KOTA BOGOR. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3D119022-01-Barkah-cover.pdf

Download (953kB)
[img] Text (Ringkasan)
J3D119022-02-Barkah-ringkasan.pdf

Download (827kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3D119022-04-Barkah-Daftarisi.pdf

Download (814kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3D119022-05-Barkah-Pendahuluan.pdf

Download (834kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, tangan merupakan salah satu media penularan penyakit yang disebabkan oleh kuman atau bakteri yang tertinggal pada tangan setelah melakukan berbagai aktivitas. Oleh karena itu mencuci tangan sangat penting dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit. Selain itu pengecekan suhu tubuh untuk menerapkan protokol kesehatan ada yang masih dilakukan secara manual oleh petugas pengecek suhu dengan menggunakan thermogun. Hal tersebut berisiko terhadap penularan penyakit karena jarak aman antara pengecek dan pengunjung itu harus minimal satu meter. Berdasarkan masalah yang terjadi maka dibuatlah handsanitizer otomatis dan pendeteksi suhu tubuh dengan menggunakan Esp32 Cam berbasis IoT di Diskominfo Kota Bogor untuk mengurangi risiko terpapar dari virus covid-19. Alat ini dibekali dengan dua sensor, yaitu sensor ultrasonic sebagai pendeteksi objek dan sensor MLX90614 sebagai pendeteksi suhu tubuh.
Pembuatan perancangan handsanitizer otomatis dan pendeteksi suhu tubuh berbasis IoT di Diskominfo Kota Bogor menggunakan Esp32 Cam sebagai mikrokontroler yang terkoneksi dengan WiFi yang akan mengirimkan notifikasi ke telegram. Jika seseorang menggunakan alat handsanitizer otomatis, maka akan terdeteksi suhu orang tersebut yang kemudian akan ditampilkan pada layar LCD. Metodologi dalam pembuatan perancangan handsanitizer otomatis dan pendeteksi suhu tubuh dengan menggunakan Esp32 Cam berbasis IoT di Diskominfo Kota Bogor adalah System Development Life Cycle - Water Fall yang terdiri dari tahapan analisa, perancangan desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan.
Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa sensor ultrasonic dan sensor MLX90614 sudah berjalan dengan baik. Sensor ultrasonic berhasil mendeteksi objek berupa pergerakan tangan sehingga membuat motor servo berputar 135o untuk dapat menekan tutup botol handsanitizer agar cairan handsanitizer dapat keluar, dan sensor MLX90614 sudah bisa untuk mendeteksi suhu tubuh seseorang dengan cukup akurat. Data suhu tubuh yang terdeteksi oleh sensor MLX90614 juga sudah dapat ditampilkan oleh LCD. Kemudian, notifikasi ke telegram juga sudah berhasil menampilkan pesan berupa gambar wajah seseorang yang memilki suhu ≥ 38 ℃ dan informasi keterangan suhu tinggi. Berdasarkan hasil perbandingan dengan alat thermogun didapatkan nilai presentase rata-rata error sebesar 0,48%.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Esp32 Cam, handsanitizer, IoT, suhu tubuh, telegram.
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Computer Engineering
Depositing User: Teknik Komputer SV IPB
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:57
Last Modified: 09 Aug 2022 07:57
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/10463

Actions (login required)

View Item View Item