Perencanaan Program Ekowisata Pantai Berdasarkan Karakteristik dan Aktivitas Pengunjung di Pantai Pangandaran Kabupaten Pangandaran Jawa Barat

Garnida, Yogi (2022) Perencanaan Program Ekowisata Pantai Berdasarkan Karakteristik dan Aktivitas Pengunjung di Pantai Pangandaran Kabupaten Pangandaran Jawa Barat. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3B919186-01-Yogi-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3B919186-02-Yogi-Ringkasan.pdf

Download (534kB)
[img] Text (Abstrak)
J3B919186-03-Yogi-Abstrak.pdf

Download (536kB)
[img] Text (Daftar isi)
J3B919186-04-Yogi-Daftarisi.pdf

Download (586kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3B919186-05-Yogi-Pendahuluan.pdf

Download (429kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

Pantai merupakan bagian wilayah pesisir yang bersifat dinamis, artinya ruang pantai (bentuk dan lokasi) berubah dengan cepat sebagai respon terhadap proses alam dan aktivitas manusia. Secara umum pantai diartikan sebagai batas antara wilayah yang bersifat daratan dengan wilayah yang bersifat lautan. Daerah pantai sering juga disebut daerah pesisir atau wilayah pesisir. Kawasan Pantai Pangandaran merupakan salah satu kawasan wisata rekreasi pantai yang diunggulkan di Jawa Barat dan bahkan nasional. Kawasan Pantai Pangandaran memiliki potensi yang besar karena keragaman daya tarik wisatanya, terutama daya tarik wisata alam dan budaya. Perencanaan Program Ekowisata di Pantai Pangandaran untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang ingin menikmati wisata pantai di Pantai Pangandaran. Metode yang digunakan pada tugas akhir ialah observasi langsung, wawancara dan kuesioner dengan pertanyaan close ended, penyebaran kuesioner menggunakan metode purposive sampling secara langsung dan tidak langsung melalui google form. Data yang diambil berupa karakteristik, aktivitas pengunjung, persepsi pengelola dan masyarakat, kesiapan pengelola dan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penilaian persepsi dan sumberdaya unggulan dengan menggunakan skala likert 1-7. Pertimbangan dalam Menyusun program ekowisata pantai berdasarkan penilaian sumberdaya unggulan yang dilakukan oleh acesor yang menghasilkan sumberdaya unggulan. Program yang dihasilkan terdiri dari tiga program yaitu harian “Nganjang Ka Basisir” bermalam “Basisir Camp and Sunrise” Tahunan “Pangandaran Hidden Paradise in Java” output yang dihasilkan yaitu Rancangan media promosi dalam bentuk visual berupa poster. Poster yang dirancanga berjudul “Pangandaran Hidden Paradise In Java” yang memiliki arti Pangandaran surga tersembunyi di Jawa.
Kata Kunci: Pantai, Program, Ekowisata, Program Ekowisata, Pangandaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pantai, Program, Ekowisata, Program Ekowisata, Pangandaran.
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Ecotourism
Depositing User: Ekowisata SV IPB
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:13
Last Modified: 09 Aug 2022 07:13
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/10443

Actions (login required)

View Item View Item