Monitoring Traffic dan Pemetaan Perangkat Jaringan menggunakan Aplikasi Cacti di PT. Telkom STO Gambir

Fajriani, Eryan Alifa (2022) Monitoring Traffic dan Pemetaan Perangkat Jaringan menggunakan Aplikasi Cacti di PT. Telkom STO Gambir. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3D119042-01-Eryan-Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3D119042-02-Eryan-Ringkasan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3D119042-04-Eryan-Daftarisi.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3D119042-05-Eryan-Pendahuluan.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

Sistem monitoring jaringan sangat penting karena dapat mengetahui adanya gangguan secara real-time sehingga dapat langsung diperbaiki. Dengan adanya sistem monitoring akan menjaga kualitas jaringan. Parameter untuk mengukur kualitas jaringan dapat diperoleh dari jaringan yang stabil dan kecepatan akses yang baik. Tidak jarang pengguna mengalami kecepatan akses yang buruk. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya banyaknya pengguna yang terhubung dalam suatu tempat. Dengan adanya sistem monitoring akan menjaga kualitas jaringan. Akses internet sangat dibutuhkan di Divisi TV Video PT. Telkom STO Gambir karena karyawan menggunakannya setiap saat. Untuk menjaga keefektifan penggunaan bandwidth maka perlu dilakukan monitoring traffic.
Tujuan tugas akhir ini adalah mengidentifikasi perangkat jaringan yang ingin dipantau, menambah plugin weathermap pada cacti dengan menggunakan sistem operasi CentOS 7, memetakan perangkat jaringan pada weathermap cacti versi terbaru, dan memantau traffic jaringan internal Telkom. Traffic yang dipantau dapat berupa grafik dan topologi. Untuk memonitoring berupa topologi dapat menambahkan plugin weathermap pada cacti. Dengan ditambahkannya fitur weathermap pada cacti maka traffic load (beban trafik) dapat diketahui secara real-time berbentuk topologi karena terlihat jelas asal perangkat dan tujuannya sehingga mempermudah administrator jaringan mengontrol traffic load tersebut dan melakukan troubleshooting device yang down. Pengembangan aplikasi cacti ini menggunakan metode NDLC (Network Development Life Cycle) yang tahapannya terdiri dari analisis, desain, simulasi, implementasi, monitoring dan manajemen. Tujuannya agar sistem lebih terstruktur. Sebelum memetakan jaringan pada weathermap maka perangkat jaringan tersebut harus diidentifikasi.

Kata kunci: Cacti, Monitoring, Traffic.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Cacti, Monitoring, Traffic.
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Computer Engineering
Depositing User: Teknik Komputer SV IPB
Date Deposited: 13 Aug 2022 08:02
Last Modified: 13 Aug 2022 08:02
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/10300

Actions (login required)

View Item View Item