Manajemen Panen dan Transportasi Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di Rantau Panjang Estate PT Guthrie Pecconina Indonesia

Anggraini, Rezha Puspita (2022) Manajemen Panen dan Transportasi Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di Rantau Panjang Estate PT Guthrie Pecconina Indonesia. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3T419914-01-Rezha-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3T419914-02-Rezha-Ringkasan.pdf

Download (762kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3T419914-03-Rezha-Daftar Isi.pdf

Download (812kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3T419914-04-Rezha-Pendahuluan.pdf

Download (766kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

REZHA PUSPITA ANGGRAINI. Manajemen Panen dan Transportasi Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di Rantau Panjang Estate PT Guthrie Pecconina Indonesia. Harvesting and Transportation Management of Oil Palm Fresh Fruit Bunch (Elaeis guineensis Jacq.) at Rantau Panjang Estate PT Guthrie Pecconina Indonesia Dibimbing oleh MERRY GLORIA MELIALA.
Produktivitas perkebunan kelapa sawit yang tinggi dengan minyak yang berkualitas dihasilkan dari manajemen panen dan transportasi yang baik. Syarat-syarat dan ketentuan panen yang baik perlu diterapkan untuk memaksimalkan hasil panen dan meminimalkan kehilangan. Secara umum kegiatan PKL bertujuan sebagai syarat lulus dari program studi Teknologi dan Manajemen Produksi Perkebunan serta penyelesaian on the job training (OJT) pada program beasiswa building estate sustainable and transformation (BEST) Program Minamas Plantation. Secara khusus PKL bertujuan untuk mengetahui manajemen panen dan transportasi hasil panen di Rantau Panjang Estate, serta mengevaluasi manajemen panen dan transportasi di Rantau Panjang Estate.
Asisten divisi melakukan perencanaan panen yaitu mengacu pada pembuatan budget dan forecast produksi, rencana kerja bulanan (RKB) dan rencana kerja harian (RKH). Budget merupakan komitmen manajemen formal terkait dengan pendapatan, biaya, dan berbagai transaksi keuangan dalam periode tertentu di masa depan. Forecast adalah metode membuat prediksi informasi dengan menggunakan data historis sebagai input utama untuk menentukan arah tren masa depan. Rencana kerja bulanan (RKB) dibuat berdasarkan histori produksi pada bulan yang sama dan digunakan sebagai pedoman target harian produksi di divisi. RKH adalah rencana kerja terdekat dan merupakan turunan dari budget, forecast dan RKB.
Pelaksanaan panen di Divisi 1 mengacu pada sistem panen perusahaan Minamas Plantation yaitu block harvesting system (BHS). BHS adalah sistem panen yang terkonsentrasi secara tetap block by block berdasarkan interval panen dan dikerjakan secara one day one section (1 hari 1 seksi panen). Fungsi BHS adalah untuk mempermudah pengawasan, pengangkutan, administrasi dan biaya. Manajemen transportasi panen adalah segala usaha dalam pengaturan transportasi panen mulai dari TPH sampai dengan TBS berada di PKS. Alat transportasi hasil panen di Rantau Panjang Estate secara umum hanya 1 jenis alat yaitu prime mover. Pemilihan alat transportasi ini didasarkan dari kapasitas alat, nilai perbaikan, nilai investasi, konstruksi mesin, dan kondisi jalan di Rantau Panjang Estate.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: BHS, biaya panen, semi mekanis, losses, prime mover
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Technology and Management of Plantation Production
Depositing User: Teknologi dan Manajemen Produksi Perkebunan SV IPB
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:25
Last Modified: 05 Aug 2022 02:25
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/10144

Actions (login required)

View Item View Item