Penerapan Sanitation Standard Operating Procedures di PT Suntory Garuda Beverage, Gunung Putri, Bogor

Wulandari, Vicky (2022) Penerapan Sanitation Standard Operating Procedures di PT Suntory Garuda Beverage, Gunung Putri, Bogor. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3E119119-01-Vicky-Cover.pdf

Download (719kB)
[img] Text (Ringkasan)
J3E119119-02-Vicky-Ringkasan.pdf

Download (121kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3E119119-03-Vicky-Daftarisi.pdf

Download (209kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3E119119-04-Vicky-Pendahuluan.pdf

Download (245kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
J3E119119-05-Vicky-Tugas Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

PT Suntory Garuda Beverage merupakan industri yang bergerak di bidang pangan minuman siap saji dengan beberapa produk diantaranya yaitu, Good Mood, Mountea, Mytea, dan Okky Jelly Drink. Pada industri pengolahan pangan perlu diterapkan sanitasi dan higieni yang baik guna menciptakan atau mempertahankan kondisi pangan yang sehat, higienis, serta bebas dari bahaya cemaran biologis, kimia dan benda lain. Sanitation Standard Operating Procedures (SSOP) merupakan suatu program sistem jaminan mutu dan bagian dari hierarki keamanan pangan, GMP dan HACCP yang diterapkan guna menjaga mutu produk. Tujuan khusus pelaksanaan praktik kerja lapangan adalah mempelajari dan mengamati penerapan SSOP di perusahaan.
Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi langsung di perusahaan, diskusi dengan pekerja, dan studi pustaka yang bersumber dari jurnal, makalah, laporan praktik, buku atau sumber lainnya. Pengamatan SSOP meliputi delapan aspek yaitu, keamanan air, kondisi dan kebersihan peralatan yang kontak dengan bahan pangan, pencegahan kontaminasi silang, fasilitas sanitasi dan toilet, proteksi dari bahan kontaminan, pelabelan, penyimpanan dan penggunaan bahan toksik, pengawasan kondisi kesehatan pekerja, dan pengendalian hama.
Berdasarkan hasil pengamatan, PT Suntory Garuda Beverage menerapkan proses pengolahan air perusahaan menggunakan water treatment, pembersihan mesin dan peralatan dilakukan secara berkala, pekerja menggunakan APD sesuai zona area produksi dan menjaga personal hygiene, tersedia fasilitas pencuci tangan sebanyak 18 unit, toilet perempuan sebanyak 11 unit, dan toilet laki-laki sebanyak 7 unit yang dilengkapi dengan peturasan, proteksi dari bahan kontaminan dilakukan dengan penggunaan metal detector dan pass box, pelabelan, penyimpanan dan penggunaan bahan toksik dilakukan oleh petugas PIC dengan monitoring bahan kimia dan penyimpanan bahan sesuai dengan karakteristiknya, terdapat pemeriksaan suhu tubuh di area masuk perusahaan dan program pemeriksaan kesehatan karyawan setahun sekali, pengendalian hama dilakukan setiap hari dengan pemasangan insect killer pada area yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. PT Suntory Garuda Beverage Gunung Putri, Bogor belum menerapkan seluruh aspek dari SSOP karena tidak tersedia rekaman hasil pemeriksaan kesehatan karyawan dan dalam proses penyimpanan rekaman terkait sanitasi dan produksi belum disimpan secara terpisah sesuai dengan kategori rekaman.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: higieni, sanitasi, SSOP
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Food Quality Assurance Supervisor
Depositing User: Supervisor Jaminan Mutu Pangan SV IPB
Date Deposited: 04 Aug 2022 07:52
Last Modified: 04 Aug 2022 07:52
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/10052

Actions (login required)

View Item View Item